RSS

Guest lecture- Adi Panuntun

09 May

Post yang satu ini akan menuliskan tentang kelas Creativity and Innovation beberapa minggu lalu yang menghadirkan seorang Adi Panuntun.

Siapa sih dia? ternyata eh ternyata pas dia memperkenalkan diri, ternyata dia otak jenius dibalik layar Cin(t)a, film yang dibuat oleh para mahasiswa namun bisa diputar di bioskop-bioskop di beberapa kota di Indonesia bahkan sampai mancanegara, Ubercool rite?! Ga hanya itu beliau juga merupakan  pembuat ide kreatif video mapping di kota tua beberapa waktu lalu yang menurut saya sesuatu yang wow dan baru!

Pertama-tama beliau menyuruh kita untuk menggambar perawakan beliau di atas sebuah kertas. Apa tujuan dari kegiatan tersebut? Tujuanya adalah untuk menjelaskan bahwa pendapat atau pemikiran kita tidak ada yang salah dalam hal ini bagaimana kita mempresentasikan penglihatan kita kedalam gambar. Pemikiran bahwa takut pendapat kita salah merupakan buah pemikiran kita sendiri sehingga kedepanya menghambat cara pemikiran dan kreatifitas kita. Dalam sharing beberapa waktu lalu beliau menjelaskan tentang Design Thinking. Apa sebenarnya Design Thinking? Hal tersebut adalah bagaimana kita membuat sesuatu tanpa adanya keterbatasan kreatifitas yang biasanya kita ciptakan sendiri, seperti rasa takut salah, malu, maupun merasa ide ini tidak cukup bagus untuk diutarakan. Design Thinking mengajarkan untuk menjadi manusia yang ekspresif tanpa ada batasan apapun!

Beliau mencontohkan beberapa contoh Design Thinking melalui Teh Botol Sosro dan Aqua

Penemuan ide untuk membuat teh kemasan dianggap bodoh pada waktu itu dikarenakan beberapa pihak yang menganggap bahwa hal tersebut bertentangan dengan budaya masyarakat mengkonsumsi teh yang biasanya diseduh sendiri dan bukan ditempatkan ke dalam botol. Namun dikarenakan penciptanya yaitu bpk. Sosrodjoyo sudah menerapkan Design thinking, beliau memberanikan diri untuk mengungkapkan idenya dan merealisasikan hal tersebut dan mendobrak segala anggapan buruk tentang idenya yang terbukti brilian dengan suksesnya penjualan teh botol sosro hingga sekarang.

Begitu pula dengan air kemasan Aqua, “lah ini lagi ada wong gendeng yang lebih males lagi, masa mau jual air dibotolin mana ada yang mau beli?!”. Anggapan buruk seperti itu tidak menungundurkan niat Pak Tirto Utomo untuk memasarkan produknya. Dan dengan menunggunakan Design Thinking itu lah beliau dapat mencicipi kesuksesan, karena beliau tidak membatasi kreativitas mereka.

Adapun beberapa step proses Design Thinking itu sendiri adalah sebagai berikut :

  1. Observe Who?What?Where?When? write  the quotes not the summary
  2. Synthesize Lihat opportunity dari permasalahan tersebut terutama unstated needs.
  3. Brainstorm Pengungkapan seluruh ide-ide tanpa adanya batasan yang menghalangi kreativitas seseorang
  4. Vote Dari banyaknya pilihan atau gagasan hasil brainstorming pilih salah satu ide yang paling cocok namun bukan berarti ide lain salah.
  5. Prototype Dalam tahap ini kita membuat dummy maupun prototype sebagai percobaan untuk mengukur tingkat acceptance dari pasar
  6. Storytell Dalam tahapan ini kita membuat suatu rangkaian cerita maupun historical background dari produk yang kita buat sehingga dapat menambah nilai jual produk tersebut dan menarik konsumen.
Dalam kelas tersebut juga dijelaskan akan perubahan dari retail marketplace.Terdapat dua jenis yaitu:
  • Traditional Business Strategy Tipe seperti ini biasa kita temui di banyak perusahaan yaitu menganalisa suatu bisnis maupun tren melalui analisis ratio yang berbasis pada rasional, objective, dan reality fixed serta quantifiable. Metode ini menghasilkan 1 hasil yang dianggap paling benar.
  • Innovation and Design Class Metode ini lebih mementingkan doing seperti terjun langsung ke lapangan untuk menginterview konsumen maupun ahli dengan menghasilkan satu hasil yang dianggap lebih baik dan penilaian tersebut lebih mengarah subjektif.
Sekian pelajaran yang saya dapat pada kelas CI waktu itu, sangat bermanfaat!
See youuuu!
Advertisements
 
3 Comments

Posted by on May 9, 2011 in Uncategorized

 

3 responses to “Guest lecture- Adi Panuntun

  1. andin

    May 15, 2011 at 3:50 pm

    ih seru banget deh kayanya!!

     
  2. andin

    May 15, 2011 at 4:14 pm

    oiah? bagus banget deh jadi penuntun.. ga jauh dari namanya hahaha

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: